MEDINAH

Madinah adalah salah satu dari dua kota suci umat Islam di Saudi Arabia. Sebelum Islam datang, kota ini bernama Yatsrib, kemudian diubah oleh rasulullah saw menjadi Madinah.

Pada zaman rasulullah saw dan khulafaur rasyidin, kota ini menjadi pusat dakwah dan basis pengembangan ajaran Islam sekaligus ibu kota daulah Islam pertama dalam sejarah.

Kota yang memiliki luas kurang lebih 1500 KM2 dan berpenduduk sekitar 750 ribu jiwa ini adalah bagian dari bumi yang dimuliakan Alloh swt, sebagaimana sabda rasulullah saw saat hijrah, “Ya Alloh, Engkau keluarkan aku dari bagian bumi yang paling aku cintai. Berilah aku tempat menetap di bagian bumi yang paling Engkau cintai.”

Kota madinah biasa juga disebut Al-Madinah Al-Munawwarah yang artinya Madinah yang bercahaya (bersinar). Dinamakan demikian karena dari kota itulah agama Islam memancarkan cahayanya ke seluruh penjuru dunia. Selain gelar tersebut, Madinah masih memiliki 90 nama lain, antara lain, Madinah Ar-Rasul (Madinah kota rasul), Madinah an-nabiy (Madinah kota nabi), Mahbitul Wahyi (tempat turunnya wahyu), Thayibah (tempat yang baik) dan sebagainya.

Setelah Wafatnya Rosulullah SAW. Selanjutnya kota ini menjadi pusat kekhalifahan sebagai penerus Nabi Muhammad SAW. Terdapat tiga khalifah yang memerintah dari kota ini yakni Abu Bakar, Umar bin Khattab, dan Utsman bin Affan. Pada masa Ali bin Abi Thalib pemerintahan dipindahkan ke Kufah Irak karena terjadi gejolak politik akibat terbunuhnya khalifah Utsman bin Affan oleh kaum pemberontak. Ketika kekuasaan beralih kepada bani Umayyah, maka pemerintahan dipindahkan ke Damaskus. Ketika pemerintahan berpindah kepada bani Abassiyah, pemerintahan dipindahkan ke Baghdad. Pada masa Nabi Muhammad SAW, penduduk kota Madinah adalah orang yang beragama Islam dan orang Yahudi yang dilindungi keberadaannya. Namun karena pengkhianatan yang dilakukan terhadap penduduk Madinah ketika perang Ahzab, maka kaum Yahudi diusir ke luar Madinah. Saat ini Madinah bersama kota suci Mekkah berada di bawah pelayanan pemerintah kerajaan Arab Saudi.

Selain dikenal sebagai kota pusat perkembangan Islam. Madinah juga merupakan pusat pendidikan Islam sejak masa Nabi Muhammad SAW. Juga banyak ulama-ulama dan Cendekiawan Islam yang muncul dari kota ini di antaranya adalah Imam Malik. Saat ini di Madinah terdapat berbagai Jami’ah (Universitas) dan perguruan perguruan tinggi Islam lainnya.

Masjid NABAWI yang terletak di Kota Madinah al-Munawwarah ini memeliki beberapa keutamaan, antara lain: Dianjurkan datang ke masjid Nabawi terlebih dahulu bagi musafir yang pulang bepergian. Masjidnya diasaskan atas dasar taqwa. Pahala shalat dilipatgandakan. Pahala bagi orang yang salat 40 raka’at di masjid Nabawi. Tidak boleh meninggikan suara  di masjid ini. Keutamaan siapapun yang datang ke masjid Nabawi baik sebagai pengajar maupun pelajar. Raudhah termasuk tempat yang mulia. Mimbar berada di atas telaga Rasulullah SAW. Mimbar tempat Rasulullah SAW berkhutbah berada di bawah pintu surga. Tangisan dan rajukan batang tamar. Tiang-tiang mimbar masjid menjadi tiang-tiang di dalam surga. Serta berlaku hukuman bagi siapa saja yang bersumpah palsu di mimbar

2 Responses

  1. Thank Infonya,,berguna banget…

Silahkan tinggal komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • free counters
  • %d bloggers like this: